5 Latihan Dasar Bermain Boling

5 Latihan Dasar Bermain Boling

Permainan boling dipercaya bisa merekatkan keluarga seerat mungkin. Terutama pada waktu hari-hari diguyur air hujan atau saat malam di musim kemarau yang cenderung dingin. Lakukan saja latihan dasar bermain boling tanpa fokus pada perolehan skor. Di sini yang lebih penting itu kebersamaan Anda dan anak kecil Anda. Menikmati aktivitas olahraga boling itulah kuncinya. Bagaimana latihan dasarnya?

  1. Kenalkan Aturan Main Boling

5 Latihan Dasar Bermain BolingKatakan aturan main sejelas mungkin. Anak kecil akan mampu menyerap informasi Anda dengan kecepatan tingkat tinggi. Katakan kalau pin yang akan diincar ada 10. Setiap pemain hanya boleh melempar dua kali dalam satu penilaian. Kalau pada kali pertama bisa merobohkan semua pin dinamakan strike. Begitu. Beri motivasi juga kalau si kecil pasti bisa.

  1. Beri Bola Boling dengan Berat yang Sesuai

Untuk anak kecil, sebaiknya tidak diberikan bola yang sering dipakai orang dewasa. Tangannya belum cukup mengangkat dan menjangkau permukaan bola. Lagi pula pasti lubang bola akan terlalu longgar saat dimasuki jari mungilnya. Rata-rata bola yang cocok itu beratnya antara 6 – 10 lbs.

  1. Contohkan Teknik Melempar yang Benar

Kalau Anda sudah terbiasa bermain bola, langsung saja demonstrasikan keahlian Anda di depan anak Anda. Beda kasus kalau Anda belum tahu teknik dasarnya sama sekali. Ambil instruktor saja, biar lebih simpel. Ingat, saat proses demonstrasi jangan ejek si kecil kalau lemparannya lemah, maupun kacau. Si kecil hanya butuh motivasi, bukan ledekan.

  1. Ajarkan Pula Etiket Main Boling

Etiket atau sopan santun sangat penting. Secara tidak langsung, sambil mengajarkan main boling yang benar, Anda juga mengajarkan kebaikan untuk masa depannya. Misalkan saat si kecil mau berbuat curang. Katakan kalau itu tidak baik. Apabila dalam kompetisi, katakan, hormatilah siapa pun lawannya. Dalam olahraga, sportivitas di atas segalanya.

  1. Bawa Kaus Kaki

Jangan lupakan juga persyaratan ini. Umumnya operator tidak menyediakan peluang main boling untuk anak kecil yang tak pakai kaus kaki. Apalagi kalau Anda mainnya di luar negeri, aturannya bisa lebih ketat. Semata-mata persyaratan itu untuk keselamatan anak Anda. Bagaimana kalau saat melempar, justru badannya terpeleset gara-gara tak berkaus kaki?

Ada ketakutan yang umum bagi anak kecil yang baru masuk area boling. Ia akan ketakutan saat mendengar bola menggelinding dan suara keras saat pin masuk lorong. Jadi, pasang saja headset berisi lagu favoritnya. Itu akan membuat ia terbiasa menikmati permainan boling. Latihan dasar bermain boling sama aman diterapkan siapa pun dan kapan saja Anda dan si kecil siap tempur di area boling.